DIKLAT Fillet Welder Berbasis Kompetensi

Sertifikasi juru las bertujuan untuk melengkapi persyaratan sebagai juru las yang diakui oleh pemerintah sesuai dengan peraturan Menteri tenaga kerja RI nomor PER/02/MEN/1982, agar efektivitas, efesiensi dan produktivitas kerja meningkat dan keselamatan kerja dalam pekerjaan pengelasan lebih terjamin.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (FTI UNISSULA) bekerja sama dengan Balai diklat industri Jakarta, BPSDMI Kemetrian Perindustrian RI dan bengkel karoseri & konstruksi Maju Jaya mengadakan Pendidikan dan pelatihan fillet welder berbasis kompetensi tahun 2022 di karoseri Maju Jaya Semarang.

Gambar 1 Swap sebelum diklat

Pelatihan diikuti oleh 25 peserta dan dilaksanakan mulai 27 Januari 2022  selama 20 hari kedepan dengan jadwal 2 hari pertama materi yang bertempat di lantai dua FTI UNISSULA dan 16 hari berikutnya praktik di karoseri Maju Jaya. 2 hari terakhir dilakukan uji kompetensi. Sebelum pelatihan dimulai semua peserta dilakukan tes swap sesuai protokol Kesehatan.

Gambar 2 penyerahan secara simbolis APD untuk peserta diklat

Pada hari pertama materi pelatihan ditekankan pentingnya 5R dalam K3 yaitu ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin. Visi dan misi perusahaan, motivasi. Bagaimana menerapkan prinsip-prinsip K3 di tempat kerja.

Dihari kedua materi kegiatannya bagaimana melaksanakan persiapan kerja, bagaimana memperbaiki hasil pengelasan di sampaikan secara rinci. Membuat sambungan las fillet sesuai WPS (welding procedure specification) untuk pengelasan pelat ke pelat, pipa ke pipa dan pelat ke pipa sesuai dengan proses las yang digunakan.

Gambar 3 Penyerahan plakat FTI UNISSULA kepada kementrian perindustrian

Di karoseri Maju jaya peserta praktik membuat sambungan las fillet sesuai WPS untuk pengelasan pelat ke pelat, pipa ke pipa dan pelat ke pipa sesuai dengan proses las yang digunakan.

Dari Pendidikan dan pelatihan ini peserta diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan keselamatan kerja, mampu menerapkan prosedur mutu dan mampu melakukan pekerjaan Teknik.

 

 

 

© 2021 FTI Unissula