Visi Misi Jurusan Teknik Industri
Home Teknik Industri Visi dan Misi

Visi Misi Jurusan Teknik Industri

VISI

“Menjadi  Program studi yang berkontribusi internasional pada tahun 2024, dalam penyelenggaraan pendidikan untuk membangun generasi khaira ummah, penelitian, dan penerapan ilmu pengetahuan di bidang teknik  industri kepada masyarakat atas dasar nilai-nilai Islam”

Untuk memperjelas Visi berikut diberikan diskripsi dari kata-kata kunci yang terdapat dalam rumusan Visi Program Studi Teknik Industri  UNISSULA

1. Kontribusi dalam arti : berperan serta , turut andil

2. Membangun adalah upaya – upaya serius yang dilakukan sebagai proses untuk mewujudkan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada.

3. Generasi adalah anak manusia yang secara sadar dan tulus memiliki komitmen kuat sebagai anggota aktif dalam suatu komunitas.

4. Khaira ummah adalah suatu kelompok (jama’ah, komunitas) yang seluruh anggotanya beriman kepada Allah, dan beramar ma’ruf nahi munkar dengan ciri-ciri:

a. Taat kepada Allah dan hidup penuh keikhlasan.

b. Senantiasa bersama Allah dan untuk Allah.

c. Menentang perpecahan dan kekacauan.

d. Memelihara dan mengamankan hukum dan peraturan Allah.

e. Mencari kebenaran dan menolak kejahatan.

f. Menemukan hukum-hukum alam, menguasai dan menggunakannya dalam kerangka moralitas insani untuk menata kehidupan yang lebih baik.

g. Realistis menetapkan sesuatu berdasarkan data dan fakta.

h. Berkarya dan membangun sebagai wujud dakwah.

5. Nilai-Nilai Islam : Nilai – nilai yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadist merupakan kesatuan nilai yang ada dalam aqidah, ibadah, muamalah dan akhlak Islam. Dalam operasionalnya, nilai-nilai ini diwujudkan dalam ukuran pribadi yang jujur, amanah, takwa dan menebar kebaikan kepada sesama

MISI

Misi Program Studi Teknik Industri Unissula :

a. Merekonstruksi dan mengembangkan ilmu pengetahuan & teknologi bidang teknik industri atas dasar nilai-nilai Islam untuk memajukan pendidikan  dan kesejahteraan masyarakat.

b. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani pada program sarjana teknik industri dalam rangka membangun generasi khaira ummah tafaqquh fiddin, berakhlak mulia, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.

c. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam melalui upaya memajukan bidang teknik industri menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

d. Mengembangkan gagasan dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakukan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan iptek bidang teknik industri atas dasar nilai-nilai Islam, dan perkembangan masyarakat.

Berikut adalah Tafsir Misi Program Studi Teknik Industri UNISSULA  :

- Merekonstruksi dalam arti menyusun kembali / membuat konstruksi baru.

- Nilai-nilai Islam dalam arti kesatuan nilai yang ada dalam aqidah, ibadah, muamalah dan akhlak Islam sesuai Al Quran dan Al Hadits

- Mendidik adalah proses serius yang dilakukan secara terus menerus untuk menjadikan seseorang menjadi tahu tentang sesuatu.

- Sumber daya insani yang Islami adalah sumber daya insani yang dalam melaksanakan fungsinya selalu berlandaskan nilai-nilai Islam.

- Tafaqquh fiddīn dengan pengertian mampu memahami Islam, secara tepat dan benar, serta mampu mengamalkan dan mengembangkannya.

- Akhlak adalah suatu sifat atau sikap yang telah ada / dibawa sejak lahir atau yang terbentuk dari proses bisa menjadi biasa dan dilakukan secara terus menerus.

- Peradaban Islam adalah peradaban yang sarat dengan nilai-nilai ruhiyah Islamiyah dan bukan peradaban yang dikembangkan berlandaskan kepentingan materi.

- Masyarakat sejahtera adalah masyarakat yang:

o Dibangun atas dasar kasih sayang.

o Terpenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya.

o Didalamnya terdapat rasa aman baik bagi individu maupun sosial.

- Yang dirahmati Allah merupakan sebuah harapan agar senantiasa kasih sayang Allah berpihak kepadanya.

- Dalam kerangka berarti dalam bingkai / merupakan bagian yang tak terpisahkan dari / merupakan kesinambungan dari.

- Rahmatan lil alamin merupakan Kasih sayang Allah, cinta Allah, kemaha-murahan Allah bagi seluruh alam.

 

 

TUJUAN

1.  Terselenggaranya proses rekonstruksi dan pengembangan iptek  bidang teknik industri atas dasar nilai-nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

1. Terbentuknya jamaah pendidik pejuang muslim yang bertakwa dan tafaqquh fiddin, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu, istiqamah dalam melaksanakan tugas kependidikan, berkarya ilmiah, dan mengemban tugas-tugas kepemimpinan dan dakwah.

2. Terselenggaranya pendidikan tinggi bidang teknik industri pada jenjang sarjana menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

3. Menghasilkan generasi khaira ummah dan ulama tafaqquh fiddin lulusan strata pendidikan tinggi pada bidang teknik industri yang berakhlak mulia, menguasai iptek, menguasai bahasa Inggris dan atau bahasa Arab, dan teknologi informasi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan da’wah

4. Terwujudnya partisipasi dan peran aktif  dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan pengembangan peradaban Islam, melalui studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan, menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

5. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat-pusat pengembangan iptek dan kebudayaan di seluruh dunia.

6. Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan.

7. Terselenggaranya proses yang konsisten penyempurnaan kelembagaan sejalan dengan hasil-hasil rekonstruksi ilmu dan perkembangan iptek, evaluasi diri, dan dinamika perkembangan masyarakat.

 

Tafsir penjelasan terhadap Tujuan ini adalah sebagai berikut ;

1. Istiqomah adalah langgeng, konsisten, dilakukan secara terus menerus dalam kondisi yang sama.

2. Silaturrahim adalah hubungan antar manusia yang berlandaskan kasih sayang.

 

Penjaminan mutu secara teratur dan berkesinambungan adalah upaya serius yang dilakukan secara terus menerus untuk merencanakan, menetapkan, mengimplementasikan, mengevaluasi, menjaga dan meningkatkan standar kualitas luaran

 

Cyber Services

Penerimaan Mahasiswa Baru 2015

poster
Beasiswa Berprestasi FTI


Beasiswa Hafidz Al-qur'an


PMB UNISSULA
Info PMB UNISSULA

Photo Gallery

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Social Network