Fakultas Teknologi Industri Unissula - Latar Belakang
Home Profil Latar Belakang FTI

Latar Belakang FTI

Pengembangan dan penerapan teknologi canggih yang diarahkan pada pemilihan teknologi tepat guna untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja merupakan salah sumber kekuatan utama dalam pelaksanaan pembangunan. Kebijaksanaan pembangunan industri untuk menciptakan stuktur ekonomi dengan menitikberatkan industri yang maju didukung oleh sektor pertanian yang tangguh, merupakan sarana penciptaan perkembangan pembangunan yang lebih baik.

Pembangunan industri harus dapat membuat industri menjadi lebih efisien dan peranannya di dalam perekonomian nasional makin meningkat, baik segi nilai tambah maupun perluasan lapangan kerja. Sejalan dengan perkembangan industrialisasi yang memerlukan beragam teknologi ini memerlukan tenaga ahli dalam bidang teknik, termasuk bidang teknologi industri. Peran pendidikan serta pembaharuan tata nilai masyarakat sangat penting sebagai sarana penunjang.

Bertolak dari pokok-pokok pikiran tersebut di atas, maka dalam rangka menunjang program pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang juga merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, merasa terpanggil dan berkewajiban untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan daya penalaran, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara, dengan tetap mengindahkan ciri-ciri khas Universitas Islam Sultan Agung serta syarat-syarat pendidikan secara umum, dalam upaya untuk membantu melaksanakan program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sarjana teknologi industri yang diperlukan dalam pembangunan industri, maka pada tahun 1993 dibuka Fakultas Teknologi Industri bersamaan dengan berdirinya Jurusan Teknik Elektro (S1) dengan SK Mendikbud No. 84/D/O/1993.

Seiring dengan perkembangan dunia industri yang sarat akan kebutuhan teknologi dan informasi maka dibukalah Jurusan Teknik Industri (S1) dan DIII Teknik Komputer pada tahun 2000 dengan SK Dirjen DIKTI No. 294/DIKTI/KEP/2000. Adapun untuk menunjang bidang informasi, pada tahun 2003 dibuka Jurusan Teknik Informatika (S1) dengan SK Dirjen DIKTI No. 1421/D/T/2003 dan Magister Teknik Elektro (S2) dengan SK Dirjen DIKTI No. 1637/D/T/2008.

Memasuki usia lima belas tahun bukanlah waktu yang singkat dilewatkan, pembenahan internal terus dilakukan baik akademik, manajemen dan sumber daya insani. Untuk itu disusunlah suatu pedoman yang menjamin mutu baik proses maupun outputnya dengan Rencana Strategis dan Rencana Operasi. Renstra dibuat untuk jangka waktu yang cukup panjang yaitu 25 tahun, sehingga berisi rancangan umum sesuai visi dan misi universitas. Renop adalah penjabaran lebih teknis pelaksanaan yang dibuat dalam jangka menengah yaitu 5 tahun.

 

Online Support




Cyber Services

Penerimaan Mahasiswa Baru 2015

poster
Beasiswa Berprestasi FTI


Beasiswa Hafidz Al-qur'an


PMB UNISSULA
Info PMB UNISSULA

Photo Gallery

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Social Network