Profil Jurusan Teknik Industri
Home Profil

Profil Jurusan Teknik Industri

 

Profil PROGRAM STUDI

Program Studi Teknik Industri(PTSI) berada di bawah Fakultas Teknologi Industri UNISSULA (UNISSULA) yang beralamat di Jln Raya Kaligawe Km 4 Semarang . Didirikan berdasar keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 294/SIKTI/KEP/2000, tertanggal 24 Agustus 2000. Nomenklatur PTSI dibawah rumpun ilmu teknik nomr 26201 yang berdasar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) nomenklatur diubah menjadi nomor 6160513 dengan gelar ST. (KKNI level 6) dalam bahasa internasional disebut Industrial Engineering (permendikbud no. 154 tahun 2014). PTSI Unissula terakreditasi B oleh Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)

Diharapkan lulusannya dapat menjadi tenaga ahli yang terampil dalam mengelola sistem produksi atau sistem industri yang melibatkan komponen-komponen manusia, material, mesin/fasiltas produksi lainnya, energi dan informasi secara integral.

VISI

Menjadi Program Studi berstandar internasional pada tahun 2020 dalam penerapan ilmu pengetahuan bidang Teknik industri dalam kerangka membangun generasi khaira ummah

MISI

Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Teknik industri yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal dengan :

a. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani pada program pendidikan tinggi Teknik industri dalam rangka membangun generasi khaira ummah tafaqquh fiddin, berakhlak mulia, dengan kualitas kecendekiawanan dalam pemecahan masalah perancangan dan perbaikan sistem serta pengaplikasiannya, mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif, serta menyadari tanggung jawab profesi dan etika

b. Merekonstruksi dan mengembangkan iptek bidangTeknik industri atas dasar nilai-nilai Islam untuk memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

c. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam melalui upaya memajukan bidang Teknik industri menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT

TUJUAN

1.Terselenggaranya pendidikan Teknik industri pada program Sarjana, yang sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

2. Menghasilkan generasi khaira ummahtafaqquh fiddin dengan penguasaan bidang Teknik industri yang mampu melakukan pemecahan masalah perancangan dan perbaikan sistem serta mengaplikasikan hasil pemecahan masalah tersebut, mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif, serta menyadari tanggung jawab profesi dan etika.

3. Terselenggaranya proses rekonstruksi dan pengembangan iptek bidang Teknik industri atas dasar nilai-nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan untuk kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat sejalan dengan perkembangan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

4. Terbentuknya jamaah pendidik yang bertaqwa tafaqquh fiddin, dengan kecendekiawanan dan kepakaran di bidang Teknik industri kualitas tertinggi dan kesetaraan universal, berakhlak mulia, menguasai nilai-nilai dasar Islamdan Islam untuk disiplin ilmu, teknologi informasi dan bahasa Inggris, istiqamah dalam melaksanakan tugas kependidikan, pengembangan iptek, kepemimpinan dan dakwah.

5. Terwujudnya partisipasi aktif dalam membangun masyarakat dan peradaban Islam, melalui studi dan penelitian intensif, bermutu, dan relevan, menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

6. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat-pusat pengembangan Teknik industri di seluruh dunia.

7. Terselenggaranya silaturrahmi dan kerjasama yang intensif dengan pemerintah, masyarakat, dunia industri dan institusi pendidikan lain, dan berpartisipasi aktif dengan masyarakat dalam upaya membangun masyarakat dan peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

8. Terwujudnya pusat pelayanan dan pengembangan usaha masyarakat di bidang Teknik industri, dan penerapan teknologi tepat guna, dalam rangka membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

9. Menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat di bidang Teknik industri dalam rangka membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

10.Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan.

11.Terselenggaranya proses yang konsisten dalam penyempurnaan kelembagaan, administrasi dan sistem informasi manajemen untuk menunjang kualitas pembinaan, dan pengembangan Fakultas di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

 

lebih detil mengenai profil Program Studi Teknik Industri, silahkan unduh profil Program Studi disini

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru 2015

poster
Beasiswa Berprestasi FTI


Beasiswa Hafidz Al-qur'an


PMB UNISSULA
Info PMB UNISSULA

Photo Gallery

  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Social Network