SIKAPI COVID-19, ELEKTRO UNISSULA ADAKAN PENDAMPINGAN KBM DARING
Home

SIKAPI COVID-19, ELEKTRO UNISSULA ADAKAN PENDAMPINGAN KBM DARING

 

SIKAPI COVID-19, ELEKTRO UNISSULA ADAKAN PENDAMPINGAN KBM DARING

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UNISSULA bekerjasama dengan Bidang Kajian dan Pengembangan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Semarang belum lama ini mengadakan kegiatan pendampingan bagi guru-guru di lingkungan YPKPI tentang penggunaan TIK dalam pembelajaran daring di saat pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari edaran menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pemberlakukan pembelajaran secara daring dari rumah bagi siswa, mengharuskan para guru untuk tanggap dan mampu mengajar atau memberikan materi dari rumah (Bekerja Dari Rumah / BRD) melalui video conference, dokumen digital dan juga sarana daring.

Kegiatan pendampingan ini diawali dengan FGD yang dilakukan secara daring. Dari diskusi bersama para guru, beberapa guru menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi selama mengajar dari rumah. Hasil kegiatan FGD daring ini berlanjut pada pengisian kuisioner tentang pengalaman guru-guru mengajar secara daring baik sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Melalui kuisoner tersebut, tim pendamping yang terdiri dari Muhammad Khosyi’in, ST., MT., IPM dan Eka Nuryanto Budisusila, ST., MT. melakukan identifikasi kepada beberapa guru yang selanjutnya akan diikutsertakan dalam kegiatan pendampingan pembelajaran daring.

Ada 10 guru yang difasilitasi dalam kegiatan ini, 6 guru dari KB/TK Hj. Isriati Baiturrahman 2 dan 4 guru dari SD. Hj. Isriati Baiturrahman 1. Model pendampingan yang dilakukan adalah pendampingan terjadwal dan tidak terjadwal. Pendampingan terjadwal diberikan dari 16 – 18 April 2020 dengan materi antara lain, penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk komunikasi secara daring, penggunaan Google Clasroom untuk menggantikan kelas konvensional, serta membuat soal-soal online menggunakan aplikasi Google Form. Selama pendampingan terjadwal, semua peserta diharuskan hadir dalam video conference dengan aplikasi Zoom. Peserta diminta secara bergantian menjadi host/penyelenggara video conference sehingga peserta dapat dipastikan dapat menggunakan aplikasi Zoom tersebut. Semua materi yang disampaikan dilengkapi dengan panduan yang dibagikan secara online di kanal Youtube, sehingga guru dapat mencoba kembali dengan melihat tutorial tersebut. Setelah pendampingan terjadwal, semua peserta diharuskan menerapkan model pembelajaran daring di kelas masing-masing, apabila terdapat kendala dan kesulitan, peserta dapat meminta tim pendamping untuk membantu memberikan solusi. Salah satu peserta Pendampingan, Ibu Siti Nur Zulaichah, S. Pd., menyampaikan bahwa pendampingan daring yang diselenggarakan sangat bermanfaat, banyak ilmu yang dapat langsung diterapkan dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dan dapat ditularkan ke guru-guru yang lain.

Kepala Sekolah SD Hj. Isriati Baiturrahman 1, Bapak Amir Yusuf, M. Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa, SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 selalu berusaha meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Dalam situasi keprihatinan pencegahan virus corona, penggunaan e-learning menjadi bagian solusi yang tepat. Pembekalan keterampilan aplikasi teknologi pembelajaran terus menerus dilakukan. Dengan penguasaan dan keterampilan berbagai sofwere, guru bisa memilih penggunaannya yang paling tepat, sehingga pembelajaran jarak jauh bisa maksimal. Para siswa tetap nyaman belajar di rumah. Tetap ada interaksi antara para siswa dan gurunya. Menerima penjelasan, memahami materi, mengerjakan soal, dan berbagai kegiatan pembelajaran tetap di rumah masing-masing dengan nyaman. Salah satunya dengan mengikut sertakan beberapa guru untuk mengikuti kegiatan pendampingan yang diseleggarakan oleh UNISSULA dan YPKPI Baiturrahman Semarang”, jelasnya. Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu implementasi kegiatan tri dharma Perguruan tinggi berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang secara rutin dilaksanakan oleh dosen-dosen di Prodi Teknik Elektro Unissula Semarang. Prof. Dr. H. Yusuf Suyono, MA. selaku Ketua III Bidang Kajian dan Pengembangan YPKPI Masjid Raya Baiturrahman berharap kegiatan ini terus berlanjut serta menjadi sinergi yang baik antara UNISSULA dan YPKPI.

 

 

Social Network

Young & Cute Chinese Cam Girl Camming in my room when I was 18 mother daughter cam Teen lesbian nurse pissing exam Gay black pissing on men and free huge male cum shot movies and young