Bantu Tenaga Medis, Dosen FTI UNISSULA Produksi Face Shield
Home

Bantu Tenaga Medis, Dosen FTI UNISSULA Produksi Face Shield

 

Bantu Tenaga Medis,

Dosen FTI UNISSULA Produksi Face Shield

Editor : Bagus Satrio Waluyo Poetro

15 April 2020 (fti.unissula.ac.id)

Dalam kondisi darurat para Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula Semarang berupaya ikut berkontribusi untuk membantu penanganan CoViD-19 dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium yang ada dan tanpa melanggar SOP kesehatan.

Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr. Sri Arttini Dwi Prasetyowati M.Si menjelaskan, Face Shield adalah salah satu dari beberapa produk FTI yang meskipun sederhana tapi manfaatnya sangat luar biasa di masa darurat CoViD-19 ini. Ia menjelaskan, Face Shield juga dibagikan ke beberapa Dokter Rumah Sakit salah satunya Dokter di RSI Sultan Agung. Dalam proses produksinya, FTI Unissula Semarang melibatkan 2 program studi yaitu Teknik Informatika dan Teknik Industri.


“Pelindung wajah atau Face Shield ini penting untuk melindungi tenaga medis pada saat berinteraksi dengan pasien, untuk melindungi wajah dari paparan virus pada saat sedang berhadapan dengan pasien”, Ungkap Ir Sri Mulyono, MEng di kampus Kaligawe. Rabu (15/4/2020).

 

Lebih lanjut Dosen sekaligus Kepala Lab Teknik Informatika FTI Unissula tersebut menjelaskan cara pembuatan maupun produksi Face Shield ini menggunakan Printer 3D yang ada di Laboratorium. Face Shield ini diproduksi secara cuma cuma dan massal untuk diberikan kepada tenaga medis di Rumah Sakit sebagai bentuk Pengabdian Dosen pada Masyarakat”,


Pelaksanaan program produksi Face Shield ini meliputi beberapa tahapan, pertama yaitu tahap informasional, tahap kedua adalah literasi persiapan alat dan bahan baku, tahap ketiga merupakan tahap pembuatan kerangka Face Shield serta tutup depan wajah, tahapan terakhir adalah penyerahan kepada tenaga medis di Rumah Sakit

 

 

Social Network