Kuliah Pakar dan Pelatihan Penulisan Publikasi 2019
Home

Kuliah Pakar dan Pelatihan Penulisan Publikasi 2019

Senin (4/2), Fakultas Teknologi Industru (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), mengadakan Kuliah Pakar dan Pelatihan Penulisan Publikasi pada Jurnal Internasional. Acara yang bertempat di Ruang Rapat FTI ini, menghadirkan pemateri antara lain, Assc. Prof. Wahyu Mulyo Utomo dari   Universiti  Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Ada tiga materi yang disampaikan dalam kuliah pakar dan pelatihan ini, yaitu “Advanced Power Electronic and Motor Drive” sebagai materi kuliah pakar, penulisan artikel di jurnal Internasional, Publikasi artikel di jurnal Internasional (Tricks and Experience),  dan penulisan artikel di  jurnal  Internasional,  serta sosialisasi FTI tentang agenda penulisan publikasi Internasional di tahun 2019.

Dalam menulis jurnal, penting untuk menentukan target yang ingin dicapai. Hal itu tidak lain adalah dalam rangka agar jurnal yang dihasilkan berkualitas. Selain itu, data-data juga perlu dilengkapi untuk menunjang keabsahan jurnal. Sehingga jurnal mampu menempati rating yang tinggi. Sedangkan hal yang tidak kalah  penting dalam penulisan jurnal adalah penulisan abstrak yang benar dalam jurnal tersebut. Publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi sudah menjadi kewajiban dan tuntuan dari pemerintah yang harus dipenuhi  oleh setiap Dosen. Hal ini  sebenarnya  sudah sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya unsur penelitian. Kewajiban penelitian dan publikasi ilmiah  sudah  jadi  bagian dari setiap proses  kenaikan jabatan  fungsional  akademik.  Membuat  artikel/manuskrip  dari hasil penelitian untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi seperti yang terindeks Thomson Reuters / Webof Science,   dan  Scopus,  juga  menjadi  persoalan  sendiri,  karena setiap jurnal, setiap penerbit pengindeks memiliki standar dan gaya selingkung sendiri-sendiri.

 

 

 

Social Network