Teknologi Industri Unissula Dorong Mahasiswa Riset Cyberscurity
Home

Teknologi Industri Unissula Dorong Mahasiswa Riset Cyberscurity

Fakultas Teknologi Industri Unissula mengadakan seminar trends in computer security (18/2/2019) bertempat di kampsu Kaligawe. Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr Sri Arttini dalam sambutan pembukaan acara menyatakan mahasiswa diharapkan mampu melakukan tugas akhir berbasis computer security atau keamanan komputer, untuk dijadikan penelitiannya. “Sebab computer security, tidak hanya sekedar proteksi dari sudut pandang komputer yang meliputi software dan hardward saja. Namun luas, termasuk bagaimana juga secara non teknik” Ungkap Arttini.

Keamanan komputer atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya ini menjadi salah satu penelitian yang bisa terus dikembangkan.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara Mr Md Maruf Hasan, dosen dari Daffodil International University Bangladesh. Menurutnya, keamanan komputer sangat penting.

Ini mengingat Internet banyak digunakan untuk update YouTube, Facebook, Google, Twitter, instagram, dan lainnya. Apalagi saat ini jumlah pengguna internet di dunia makin meningkat, sekitar 40% dari populasi manusia di dunia menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. “Kita tidak bisa hidup tanpa teknologi, dalam keseharianya,” katanya.

Teknologi tumbuh sangat cepat di era revolusi industri 4,0. Di bidang transportasi, industri, digital manufacturing, dan  internet. Oleh karena itu juga perkembangan teknologi di bidang keamanannya sangat penting. Hal ini untuk pengamanan data-data di segala lini di atas. Hal ini penting agar data tidak hilang atau dimanipulasi pihak lain. “Jika anda tidak berhati-hati dalam mengamankan informasi data anda secara memadai dalam sistem, penyusup dapat dengan mudah mengakses dan mengeksploitasinya. Oleh karenanya, mahasiswa harus bisa mempelajari dan mengembangkannya,” jelasnya.

 

Social Network