FTI UNISSULA Menjadi Tuan Rumah International Conference on Islamic Application in Computer Science and Technologies
Home

FTI UNISSULA Menjadi Tuan Rumah International Conference on Islamic Application in Computer Science and Technologies

Teknologi  informasi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, akan tetapi bagaimana pengaplikasian teknologi untuk mendukung pengembangan kehidupan beragama terutama bagi muslim. Menjawab tantangan ini, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA menyelenggarakan 5th International Conference on Islamic Application in Computer Science and Technologies (IMAN).

Teknologi Informasi dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan memiliki dampak signifikan dalam melayani Islam dan semua aspeknya, termasuk pengaplikasian teknologii untuk mempelajari Alquran, Hadis, Fiqih dan ilmu Syariah lainnya. Konferensi ini bertujuan untuk memperkenalkan  aplikasi dan perangkat lunak yang paling penting yang dapat berkontribusi untuk pengembangan kualitas pembelajaran ke Islaman. Konferensi ini sekaligus sebagai sarana untuk  Kontribusi Muslim dalam Aplikasi dan Teknologi Ilmu Komputer.

Konferensi Internasional ini dilaksanakan selama 3 hari 27-29 Desember 2017, diawali dengan kegiatan workshop tentang pengaplikasian Teknologi dalam mempelajari Al-Quran yang disampaikan oleh. Dr. Raja Jamila dari University of Malaya dengan memperkenalkan Aplikasi AINUL QURAN yang telah mendapatn paten. Workshop ke dua disampaikan oleh Dr. Abdurrachman tentang bagaimana para peneliti muslim mengembangkan penelitian-penelitan yang memiliki kontribusi nyata bagi umat Islam.

Berlangsung di Hall lantai 10 Gedung Kuliah Bersama, konferensi internasional ini berlangsung dengan lancar. Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Sultan Agung tersebut diawali dengan presentasi oleh 2 keynote speaker. Sebagai pembuka adalah Prof. Adit Kurniawan, Phd dari Institut Teknologi Bandung yang kemudian dilanjutkan oleh Dr. Ahwad Khowail dari Prince Mugrin University, Madinah, Arab Saudi.

Para peserta konferensi yang datang dari berbagai negara secara berurutan mempresentasikan makalah mereka. Makalah-makalah tersebut berasal dari berbagi bidang ilmu seperti Teknologi dalam bidang Kitab Suci Al-Qur’an, Hadits dan Sunnah, Komunitas Islam, Hukum Islam, Sejarah Islam, Database Islami, Software Islami serta beberapa bidang lain. Hari pertama konferensi tersebut ditutup dengan presentasi makalah dari Daniyah, Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung.

Pada hari kedua, konferensi dibuka dengan presentasi dari keynote speaker Prof. Mohammad Zaki Kheder yang juga merupakan General Chair dari Konferensi tersebut. Beliau memaparkan makalah berjudul Data Mining on Islamic Database. Acara dilanjutkan dengan presentasi makalah dari beberapa peserta konferensi. Hingga acara berakhir, sejumlah 18 makalah yang telah dipresentasikan pada konferensi tersebut baik dalam bahasa inggris maupun bahasa arab.

Konferensi internasional ini ditutup dengan forum diskusi dari semua peserta dan pembicara yang terlibat dalam acara tersebut. Beberapa hal yang dibahas adalah tindak lanjut dari konferensi tersebut dan langkah konkret untuk memanfaatkan semua ide, konsep, ataupun materi yang telah disampaikan.

 

Social Network